Monday 30 May 2016

cara menghitung akar dalam matematika dengan mudah

  hai sobat, soal matematika memang sulit yah, siapa bilang , cuma disini matematika itu mudah sobat. Akar dalam matematika, mungkin sulit tapi jika sobat memperhatikan penjelasan berikut ini, matematika akan menjadi lebih mudah. akar dalam matematika kebanyakan orang menghitungnya dengan kalkulator, tapi bagaimana bila guru anda melarang sobat untuk menggunakannnya atau dalam keadaan kepepet untuk menghitung soal agar disebut pintar, berikut cara mudah menghitung akar dalam matematika:

1. membelah dua pada 1 akar
     Jika hasil dari akar jika sobat kalkulator hasilnya memiliki koma dan jawaban di soal sobat adalah akar maka caranya seperti berikut:


pada gambar diatas akar yang sebelumya 20 saya membelah dua sehingga pada salah satu angka dapat keluar dari akar. pada angka 4 dan 5, hanya 4 sa


2.dengan cara menurun


jika masih bingung bagaimana cara mendapatkan hasil membelah dua, pada gambar A. saya menggunakan cara SD untuk mencari hasil terkecil . pada hasilnya terdapat angka 2 sebanya 3buah dan angka 11. pada angka 2 sebanyak 3 buah saya langsung mengkalikan semuanyanya sehingga mendapatkan angka 8 dari 2x3. sehingga pada gambar B memiliki hasil akar 8 x 11. jika langsung mencari hasilnya akan keluar hasil koma, jadi sebelum menghitung, angka 8 sebaiknya diperkecil lagi sehingga mendapatkan hasil 4 x 2, dan angka 11 merupakan angka dari hasil hitung sebelumnya, jadi setelah itu sobat bisa mengeluarkan angka akar 4 menjadi angka 2. dan kalikan angka dibelakangnya yaitu 2 x 11. dan sehingga mendapatkan hasil penjumlahan yaitu 2 akar 22. berikut saya akan berikan contoh kedua.


3. cara paling mudah

jika akar 16 adalah 4, terus cara menghitungnya adalah jika hasilnya adalah angka 2 sebanyak 4x yang dimana merupakan jumlah genap yaitu berjumlah 4 buah langsung saja coret sehingga memiliki 2 buah saja dan jika dihitung menjadi angka 4 dan seluruh hasilnya sama seperti angka 2 yang terdapat pada gambar diatas .

Contoh 2:


Contoh 3, jika memiliki jumlah yang genap


jika sobat memiliki pertanyaan atau soal bisa kirimkan ke coolnm07@gmail.com





No comments:

Post a Comment